Simon Patrick Gomies
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kekurangan dan Kelebihan WA Web Lengkap

Memang banyak kelebihan aplikasi WhatsApp yang bisa dibuka di PC/laptop lewat web. Ini termasuk aspek fungsional, praktis dan bebas hambatan. Oleh karena itu, WA web telah menjadi perpanjangan tangan dari WA mobile berbasis komputer, yang biasanya dibuka melalui smartphone.
 
Whatsapp Web juga menyinkronkan pesan yang telah Anda kirim dan terima langsung di ponsel Anda serta di PC atau laptop Anda. Anda juga dapat membaca pesan di kedua perangkat.
 

Kelemahan dan Kelebihan WA Web

 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat terhubung langsung ke akun WhatsApp Anda menggunakan PC atau laptop. Meskipun penggunaan Whatsapp web menawarkan banyak kemudahan, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
 
Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari Whatsapp Web:
 
• Manfaat terbesar menggunakan Whatsapp Web adalah memiliki keyboard yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mengetik pesan di keyboard HP. Layarnya juga jauh lebih besar dari layar ponsel sehingga nyaman untuk mengobrol di WA.
 
Apalagi jika Anda suka mengobrol di dunia nyata tanpa melalui aplikasi chatting, maka obrolan menjadi lebih seru saat Anda menggunakan Whatsapp web karena Anda tidak terbatas pada keyboard di layar sentuh smartphone.
• Anda dapat mendownload / mendownload file apa saja di web whatsapp sehingga Anda dapat mendownload file multimedia terbaik menggunakan pc / laptop.
• Anda dapat menutup browser dari jarak jauh.
• Tidak ada masalah kompatibilitas saat menggunakan komputer atau laptop.
• Tidak perlu mengunduh aplikasi atau ekstensi tambahan.
Menggunakan web WhatsApp juga akan menghemat waktu Anda dibandingkan menggunakannya di ponsel. Untuk pengetikan lama bisa disimpan dulu di draft PC/laptop lalu dikirim via web Whatsapp.
Beberapa file penting di PC atau laptop Anda juga bisa langsung diakses tanpa harus mentransfer file tersebut ke ponsel Anda terlebih dahulu.
Meski begitu, Whatsapp web ini masih memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
• Agar selalu terhubung dengan web Whatsapp ini, Anda harus selalu terhubung dengan ponsel Anda di mana akun ponsel WA Anda aktif.
• Pembuatan grup WhatsApp tidak dapat dibuat di Whatsapp web, melainkan hanya di WA Mobile.
• Hanya didukung oleh browser, bukan untuk iOS.
• Tidak ada akun baru yang dapat dibuat saat menggunakan Whatsapp Web, karena membuat akun WhatsApp baru hanya dapat dilakukan di WA Mobile.
• Diperlukan jaringan internet yang kuat karena WhatsApp Web tidak dapat digunakan jika jaringan internet lemah.
• Saat menggunakan WhatsApp Web di laptop, biasanya baterai akan lebih terkuras, sehingga baterai akan lebih cepat habis saat Anda mengakses WhatsApp melalui fitur WhatsApp web.
Ditambah dengan ponsel yang terhubung dengan akun WA Anda di web WhatsApp, baterai juga menjadi lebih boros.
• Jika ponsel Anda dimatikan atau dihidupkan dan dalam keadaan tidak aktif dan jaringan internet dimatikan, Anda juga tidak akan dapat mengakses web WhatsApp.
Meskipun Whatsapp web ini memiliki sejumlah kelemahan atau kekurangan, namun banyak pengguna Whatsapp yang mengaku sangat terbantu dengan adanya fitur Whatsapp web tersebut. Terutama bagi mereka yang bekerja dengan PC atau laptop setiap hari.
Ternyata menggunakan web WA sangat nyaman, efektif dan efisien. Meski fiturnya tidak selengkap WA versi mobile, namun masih banyak manfaat dan kelebihan yang bisa didapatkan dari Whatsapp web.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 10 September 21 - 04:06 WIB
Dalam Kategori : WA, WEB, KELEBIHAN
Dibaca sebanyak : 231 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback